Mengetahui Revolusi Industri 4.0
Revolusi industri telah terjadi sejak
tahun 1750-an dan terus berlanjut sampai sekarang. Dimulai dari mesin
uap yang mendominasi industri saat itu, dari kereta sampai mesin
penggerak turbin. Dan sekarang memasuki revolusi industri ke 4, semuanya
telah berubah secara dramatis. Tren otomatisasi, pertukaran data
terkini, komputasi awan, Internet of things (IoT), kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) dan semua hal virtual yang mampu memudahkan kegiatan operasional kita. Hampir semua hal.
Ada empat prinsip rancangan dalam
Revolusi Industri 4.0. Prinsip-prinsip ini membantu perusahaan
mengidentifikasi dan mengimplementasikan skenario-skenario dalam
revolusi Industri 4.0
- Interoperabilitas (kesesuaian):
Kemampuan mesin, perangkat, sensor, dan manusia untuk berhubungan dan
berkomunikasi dengan satu sama lain lewat Internet of Things (IoT) atau Internet of People (IoP).
IoT akan mengotomatisasikan proses ini secara besar-besaran - Transparansi informasi: Kemampuan sistem informasi untuk menciptakan salinan dunia fisik secara virtual dengan memperkaya model pabrik digital dengan data sensor. Prinsip ini membutuhkan pengumpulan data sensor mentah agar menghasilkan informasi konteks bernilai tinggi.
- Bantuan teknis: Pertama, kemampuan sistem bantuan untuk membantu manusia dengan mengumpulkan dan membuat visualisasi informasi secara menyeluruh agar bisa membuat keputusan bijak dan menyelesaikan masalah genting yang mendadak. Kedua, kemampuan sistem siber-fisik untuk membantu manusia secara fisik dengan melakukan serangkaian tugas yang tidak menyenangkan, terlalu berat, atau tidak aman bagi manusia.
- Keputusan mandiri: Kemampuan sistem siber-fisik untuk membuat keputusan sendiri dan melakukan tugas semandiri mungkin. Bila terjadi pengecualian, gangguan, atau ada tujuan yang berseberangan, tugas didelegasikan ke atasan.
Saat ini, Konsumen Berharap Lebih Dari Sekedar “CUKUP”
Tahukah Anda, bahwa konsumen pada saat ini berharap mendapat jawaban kapan saja, dan di platform
mana pun yang mereka pilih. Entah mereka men-tweet, mengirim email,
mengobrol, atau menelepon, mereka menginginkan layanan yang instan dan
personal.
Jadi, apakah Anda bisa menciptakan hal tersebut pada bisnis Anda?
Teknologi di sekitar kita telah
berevolusi, membawa harapan pelanggan dengan mereka. Ingat saja, 20
tahun yang lalu tidak ada perusahaan seperti Google, Alibaba, Facebook,
Twitter, YouTube, Uber, Airbnb, Salesforce, Snapchat, Instagram, Fitbit,
Spotify, dan WeChat.
Korelasinya dengan bisnis Anda adalah
layanan yang diberikan perusahaan-perusahaan diatas telah meningkatkan
standar untuk pengalaman pelanggan. Bagaimana Anda bisa berpikir
pelanggan akan rela menunggu ketika mereka terbiasa dengan kecepatan
interaksi di media sosial? Atau ketika jawaban untuk pertanyaan apa pun
adalah satu pencarian Google?
Dan jangan lupakan generasi milenial.
Mereka tumbuh di teknologi digital, dan sekarang mereka mencapai lebih
dari setengah tenaga kerja. Sebagai konsumen, mereka mengharapkan
bisnis yang dapat mengantisipasi kebutuhan mereka dan memberikan
pelayanan yang memuaskan. Agar berhasil, bisnis perlu beralih dari model
transaksional, yang hanya berfokus pada penjualan produk, ke model
hubungan, yang dibangun di sekitar layanan penjualan dan menciptakan
hubungan yang lebih dalam dengan pelanggan.
Data Adalah Mata Uang Baru
Setiap hari, miliaran orang berbagi
secara online. Mereka memposting gambar, video, dan status. Mereka
mengirim pesan teks. Mereka menyukai pembaruan orang lain.
Bagaimana mereka membagikan semua itu?
Tentunya karena mereka menggunakan perangkat yang terhubung ke internet.
Miliaran orang berbagi dan diterjemahkan ke miliaran perangkat dengan
sensor yang tertanam, mengirim triliunan sinyal real-time ke cloud. Hal-hal seperti koordinat GPS, data berbasis lingkungan (environmental data), clickstream, dan data kesehatan.
Hasilnya adalah? Data. Banyak sekali data.
Semua data ini seperti makanan untuk kecerdasan buatan atau artificial intelligence
(AI) dan mendorong inovasi pada jumlah produk dan layanan yang terus
bertambah. Semakin banyak data yang Anda miliki, semakin baik prediksi
yang Anda diperoleh.
Algoritma pembelajaran mesin dapat
menganalisis miliaran transaksi dan variabel ini untuk membuat bisnis
lebih cerdas. Mereka dapat membantu bisnis mengantisipasi tren dalam
permintaan konsumen, mempersonalisasikan promosi untuk masing-masing
pelanggan, dan mengoptimalkan harga.
Berikut adalah beberapa contoh inovasi pembelajaran mesin, yang digunakan berbagai macam industri:
Ritel : Menyoroti sentimen konsumen terhadap merek atau memprediksi pelanggan mana yang cenderung membeli produk tertentu.
Manufaktur : Mengoptimalkan operasi rantai suplai dan memprediksi kegagalan suku cadang mesin.
Agen Perjalanan : Rencanakan liburan dengan kecerdasan Ai.
Medis : Membantu dokter dalam mengidentifikasi berbagai jenis sel kanker dan menemukan kelainan intrakranial secara real time.
Jadi sekarang, mari mengenal lebih jauh industri yang telah berubah akibat revolusi industri 4.0 ini
Transportasi
Layanan transportasi berbasis daring
telah ada di berbagai sektor industri. Mulai dari sarana transportasi
untuk penumpang dan barang. Layanan seperti Go-jek dan Grab adalah transformasi dari industri transportasi formal. Dengan salah satu layanan ini, Anda dapat menggunakan ponsel Anda untuk:
- Pesan mobil untuk membawa Anda ke tujuan tertentu
- Lacak kendaraan saat menuju ke arah Anda
- Dapatkan informasi tentang kendaraan, pengemudi, dan harga perjalanan
Kemajuan dalam kecerdasan buatan, kemajuan internet, green energy, dan
teknologi lainnya dapat meningkatkan keselamatan bagi pengemudi dan
pejalan kak. hal ini juga berpotensi meningkatkan penggunaan
transportasi umum dan layanan transportasi daring lebih besar. Perubahan
ini dapat mengakibatkan kemacetan dan polusi berkurang, perjalanan
lebih cepat dan lebih murah, dan tentunya hidup yang lebih baik
Retail
Dalam retail, personalisasi mengubah
segalanya. Penjualan, layanan, dan pemasaran, berada dalam satu garis
dan menciptakan pengalaman konsumen yang lebih personal. Tentunya hal
ini didukung oleh kecerdasan buatan atau artificial intelligence. Revolusi Industri merubah itu semua.
Agen layanan pelanggan virtual dapat
menjawab pertanyaan konsumen dan membuat rekomendasi cerdas untuk
pelanggan. Algoritma pembelajaran mesin dapat menganalisis miliaran
sinyal untuk merekomendasikan panggilan layanan pelanggan ke agen yang
paling tepat.
Menggunakan perangkat augmented reality,
seperti kacamata pintar atau perangkat lainnya yang dapat dikenakan,
pembeli dapat melihat produk di toko dan melihat data yang relevan
muncul dalam penglihatan mereka. Lalu virtual reality juga
dapat menambah efisiensi. Contohnya adalah sebelum Anda berbelanja
pakaian, Anda dapat mencoba pakaian yang berbeda tanpa harus
meninggalkan kamar tidur Terdengar tidak mungkin bukan? tapi percayalah
ini sedang dikerjakan.
Saat ini, kebanyakan sistem pembelanjaam
di toko daring adalah: Anda memesan terlebih dahulu, dan barang-barang
dikemas lalu dikirim kepada Anda. Untuk saat ini itu hebat, namun artificial intelligence dan
teknologi prediksi kedepannya akan sangat mengagumkan, berkembang lebih
gila. Adalah Amazon yang akan mengembangkan hal ini. Amazon akan tahu
apa yang Anda butuhkan sebelum Anda membutuhkannya. Amazon sedang
membangun konsep baru, yaitu “pengiriman lalu belanja.” Anda menerima
barang, dan mengirim kembali apa yang tidak Anda inginkan. Kehebatan artificial intelligence berperan besar disini
Keuangan
Lembaga keuangan juga termasuk jenis
usaha yang terkena dampak revolusi industri. Banyak lembaga keuangan
menggunakan kecerdasan buatan untuk mendeteksi penipuan dan ekuitas
penelitian. Mereka bahkan menggunakan data dari pembelajaran mesin untuk
mengelola hubungan klien. Misalnya, kecerdasan buatan membantu
penasihat keuangan memprediksi prospek mana yang paling berharga dalam
siklus penjualan, memutuskan tindakan terbaik berikutnya, dan membuat
layanan pelanggan yang sangat pribadi berdasarkan sasaran keuangan,
peristiwa kehidupan, dan variabel lain khusus untuk setiap pelanggan.
Industri perbankan sedang mengalami
perubahan besar akibat revolusi industri ini. Cabang-cabang menghilang,
persaingan baru memasuki industri dengan sangat cepat. Apa sekarang bank
terlihat sperti 10 tahun lalu? dan bagaimana dengan cryptocurrency?
Asuransi
Industri asuransi mulai menggunakan data
dari perangkat yang dikenakan untuk memantau kesehatan, dan sensor yang
melacak kebiasaan mengemudi untuk menentukan harga dan mendorong
kebiasaan yang lebih aman bagi pemegang polis. Orang-orang dengan
kesehatan yang lebih baik atau catatan mengemudi yang bagus tentunya
membayar premi lebih sedikit. Sensor di mobil dapat langsung
mengingatkan pengemudi akan adanya kesalahan potensial dengan kendaraan.
Data ini juga dipakai untuk perusahaan asuransi jika terjadi kerusakan
akibat kecelakaan dan memungkinkan mereka untuk langsung menghubungi
pengemudi untuk memulai proses klaim.
Pertanian
Sistem mesin bertenaga Artificial intelligence
(AI) dapat mengukur populasi tanaman dan mendeteksi gulma atau hama
tanaman, dan menggunakan penyemprot robot untuk secara tepat menerapkan
herbisida. Tanaman rekayasa biologis mengarah ke hasil panen yang lebih
besar dan obat-obatan baru, seperti obat antimalaria yang dihasilkan
dari tanaman tembakau rekayasa genetika. Dalam revolusi industri
terutama di sektor pertanian mereka lebih menekankan kepada hasil panen
yang lebih cepat dan lebih sehat.
Kesehatan
Obat presisi membantu dokter menganalisis
urutan genom pasien, riwayat medis, dan gaya hidup. Informasi itu,
ditambah dengan data demografi dari sekelompok orang dengan kondisi
serupa, serta penelitian terbaru, membantu dokter menciptakan perawatan
dan terapi pencegahan yang unik bagi seorang individu.
Kapan Masa Depan Akan Tiba?
Dilangsir dari World Economic Forum Technology, titik perubahan dan dampak sosial dalam revolusi industri dan teknologi yang terjadi pada tahun 2025 dan yang terjadi adalah;
- 10% pakaian yang manusia gunakan terhubung ke Internet
- Apoteker robot pertama di AS
- Mobil cetak 3D pertama dalam produksi
- 5% dari produk konsumen dicetak dalam 3D
- 90% dari populasi dengan akses reguler ke Internet
- Mobil tanpa pengemudi populasinya 8% dari semua mobil di di dunia
- Transplantasi pertama dari hati yang dicetak 3D
- Lebih dari 50% lalu lintas Internet ke rumah untuk peralatan dan perangkat
- Akan ada kota pertama dengan lebih dari 50.000 orang dan tidak ada lampu lalu lintas
- Mesin AI pertama pada dewan direksi perusahaan
Apa yang ada di masa depan?
Ketika Revolusi Industri 4 telah terjadi, inovasi apa yang harus ada dalam bisnis Anda?
Kemajuan dalam daya komputasi, kecerdasan
buatan, robotik, dan ilmu material dapat mempercepat pergeseran menuju
produk yang lebih ramah lingkungan dari semua jenis. Teknik fabrikasi
digital, termasuk pencetakan 3D, dapat membawa manufaktur lebih dekat ke
pelanggan dan membuat perawatan suku cadang lebih mudah dan lebih
murah.
Terobosan dalam bioteknologi dapat
memungkinkan penggantian tulang dan organ yang dapat ditransplantasikan
untuk ditumbuhkan dari sel induk pasien yang dicetak 3D. Ketika penemuan
mengungkap tentang fungsi otak manusia, kita dapat melihat ke arah
implan saraf dan antarmuka otak-mesin yang mengatasi penyakit kognitif
dan berpotensi meningkatkan kecerdasan manusia.
Teknologi energi baru dapat menciptakan
sumber daya yang murah, berlimpah, dan berkelanjutan dan penyimpanan
daya untuk mengurangi ketergantungan planet ini dari bahan bakar fosil
pertama. atau Artificial intelligence (AI) dapat menangani pekerjaan rumah tangga, membantu perawat, dan dan hal-hal yang tidak pernah Anda pikiran sebelumnya
Skala dan luasnya inovasi teknologi
merevolusi cara kita berbisnis. Selanjutnya, Anda harus mengeksplorasi
bagaimana Revolusi Industri 4.0 dapat memengaruhi individu dan
masyarakat. Namun Anda bisa melakukan langkah awal terlebih dahulu untuk
menciptakan perubahan yang besar pada bisnis Anda. Contohnya adalah
penggunaan aplikasi pencatatan keuangan yang efisien dan sudah teruji.